Friday, March 14, 2008

PENGAKUAN IMAN

1. Kami percaya bahwa hanya Alkitab secara keseluruhan, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, adalah firman Allah yang diwahyukan, tanpa kesalahan dalam naskah aslinya. Alkitab adalah penyataan kehendak Allah yang lengkap yang berhubungan dengan penciptaan, pemeliharaan dan penebusanNya kepada manusia. Oleh karena itu, Alkitab menjadi patokan wibawa tertinggi bagi iman dan kehidupan orang percaya.
2. Kami percaya bahwa Allah adalah esa dan kekal, Pencipta, Penguasa dan pemelihara alam semesta beserta segala isinya. Allah adalah Tritunggal, yakni Bapa, Anak, dan Roh Kudus. Ketiga Pribadi setara dan tidak diciptakan.
3. Kami percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Tunggal Allah, Allah sejati dan Manusia sejati yang tanpa dosa, dikandung dari Roh Kudus dan lahir dari anak dara Maria. Dia adalah penebus, telah mati diatas kayu salib, bangkit dalam tubuh kebangkitan yang nyata, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa. Dengan demikian Yesus Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi seluruh umat manusia, pengantara tunggal dan Imam Besar Agung menjadi Imam Besar Agung bagi orang percaya.
4. Kami percaya bahwa Roh Kudus adalah Allah yang hidup, yang menginsafkan, melahirbarukan, memimipin orang berdosa yang percaya dan memberikan kuasa serta karunia-karunia kepada setiap orang percaya menurut kehendak-Nya untuk pembangunan tubuh Kristus
5. Kami percaya bahwa Allah telah menciptakan manusia, laki-laki dan perempuan, menurut gambar Allah, tetapi di dalam Adam, manusia telah jatuh ke dalam dosa, dan menjadi hamba dosa serta berada di bahwa hukuman maut
6. Kami percaya bahwa pengorbanan Kristus di atas kayu salib, adalah satu-satunya jalan untuk membebaskan manusia dari perhambaan dosa dan hukuman kekal. Keselamatan melalui Kristus ini akan memampukan manusia menjalani kehidupan yang benar dihadapan Allah dan manusia. Keselamatan ini diperoleh hanya melalui iman kepada Yesus Kristus dan bukan oleh jasa, usaha ataupun kesalehan dari manusia.
7. Kami percaya bahwa Gereja adalah persekutuan semua orang percaya dan sebagai tubuh Kristus dengan Kristus sebagai Kepalanya. Tubuh Kristus ini mengekspresikan diri, menjadi anggota resmi dalam gereja-gereja setempat. Melalui kebaktian, pengajaran, sakramen baptisan dan perjamuan kudus, Gereja memberitakan Kerajaan Allah, melayani di dalam kekudusan, juga bertanggung-jawab terhadap kehidupan masyarakat.
8. Kami percaya bahwa Yesus Kristus pasti akan datang kembali untuk kedua kalinya secara nyata dan pribadi, pada saat kesudahan zaman untuk menghakimi setiap orang, baik yang hidup maupun yang mati. Pada kedatangan-Nya yang kedua itulah setiap orang mati akan dibangkitkan, orang percaya masuk ke dalam kehidupan yang kekal, orang yang tidak percaya masuk ke dalam kebinasaan yang kekal.

No comments: